smkn 1 pc

smkn1pc.sch.id

Kamis, 15 September 2016

On 01.34 by Unknown   No comments
GERAKAN PRAMUKA
GUGUS DEPAN SMK NEGERI PADANG CERMIN
PESAWARAN
Alamat  : Jalan Raya Way Ratai, Km 40,5 Desa Way Urang, Padangcermin 35451

Arti Kiasan Logo Ambalan ARJUNA
   SMK Ngeri Padang Cermin Kab Pesawaran









  1. PERISAI, Memiliki arti yang mendasar memiliki falsafah pertahanan dan naungan, maka Gugus depan SMKN Padang Cermin harus ditegakan dari nilai-nilai suci agama dan moralitas yang tinggi, serta di bawah benteng pertahanan yang kokoh.
  2. NAMA AMBALAN ARJUNA,  diambil dari nama sebuah nama tokoh pewayangan dari;
  3.  BINTANG, melambangkan Tri Satya merupakan kode etik anggota gerakan Pramuka
  4. 2KELAPA, Dua buah tunas kelapa yang berwarna kuning serta berpasangan melambangkan Pramuka penegak dan mengibaratkan keselarasan dan kesatuan gerakan Pramuka yang sedang membina dirinya sebagai mahluk pribadi, makhluk sosial dan makhluk Tuhan, menuju cita-cita bangsa yang tinggi, setinggi bintang di langit, untuk kemudian mengabdikan dirinya ke dalam dan ke luar organisasi Gerakan Pramuka.
  5. PAYUNG, menurut arti secara harfiah sarana untuk berlindung dari terik matahari dan hujan sedangkan pengertian payung dalam kontek ambalan ini adalah sebagai naungan yang memiliki makna melindungi dan menjaga citra nama SMKN Padang Cermin, supaya selalu terjaga keharumannya didunia pendidikan, khususnya Pramuka.
  6. SIGER (Siger Pepadun dan Siger Sai batin) berwarna kuning emas yang merupakan Lambang mahkota keagungan adat dan budaya masyarakat Lampung Pepadun dan Sai Batin yang menggambarkan satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan,Seperti gerakan Pramuka.
  7. AKSARA LAMPUNG, tulisan PESAWARAN” menggunakan aksara Lampung merupakan bentuk kecintaan kita gugus depan SMKN Padang Cermin untuk tetap menjaga, mempelajari, menggunakan dan melestarikan aksara Lampung.  Sehingga kelak bahasa dan aksara Lampung tidak akan punah, sehingga dapat diwariskan kepada anak cucu yang akan datang.
  8. GUNUNG PESAWARAN yang melambangkan kesuburan pegunungan daerah Pesawaran, dengan tiga puncak Gunung Betung, Gunung Pesawaran dan Gunung Ratai.  Gunung Pesawaran berada di tengah dilihat dari arah Kabupaten Pesawaran, yang menjadi tempat kelestarian alam yang masih terjaga.
  9.  LAUT melambangkan bahwa gugus depan SMKN PADANG CERMIN, berada di kabupaten Pesawaran yang kaya akan laut dan pantai yang ada di wilayah kabupaten Pesawaran.
  10. PERAHU atau JUNG melambangkan gugus depan SMKN Padang Cermin yang kuat menuju suatu tata Pendidikan yang baik di masa mendatang dan menggambarkan semangat gugus depan SMKN Padang Cermin  untuk terus maju.
  11. KATA SMKN Padang Cermin, yakni nama gugus depan dari ambalan Arjuna, yang menjadi simbol bahwa Ambalan Arjuna adalah nama ambalan Gerakan Pramuka dari SMKN Padang Cermin.
12.  WARNA MERAH PUTIH yang ada di dalam Perisai  mempunyai arti bahwa Pramuka Ambalan ARJUNA ini berkedudukan di Negara Indonesia yaitu sebagai  Generasi Membangun Karakter Bangsa selain itu warna merah berarti berani dan putih melambangkan kesuscian, jadi Pramuka Indonesia yang berani karena kebenaran, berani menegakan kebenaran.
13.  WARNA HIJAU, sebagai lambang kehidupan

  1. WARNA HITAM,  melambangkan Keabadian
  2. WARNA PUTIH, melambangkan Kesucian
  3. WARNA KUNING, melambangkan Kejayaan
  4. Scout Mania Padang CerminWARNA MERAH, melambangkan Keberanian.

0 komentar:

Posting Komentar